Sunday 29 March 2020

Hubungan Stress Dengan Gangguan Fisik

Hubungan Stress dan Gangguan Fisik
Stress dan Gangguan Fisik

Stress dengan gangguan fisik menjadi pembahasan dalam satu paket. mengapa demikian? karena dengan stress bisa menyebabkan dan berpotensi terkena penyakit. Yang dimaksud dengan stress adalah suatu kondisi pikiran yang tegang.

Stress bisa disebabkan oleh kondisi yang terjadi diluar diri dimana pikiran dan tubuh sudah tidak mampu lagi memikirkannya dan timbul perasaan seperti ketakutan, cemas yang berlebihan.

Berbagai macam masalah dalam kehidupan bisa memungkinkan timbunya stress, misalnya: kondisi lingkungan yang buruk, bisa kondisi yang terjadi di kantor, rumah, sekolah atau lingkungan lainnya, stress  bisa juga disebabkan karena kondisi ekonomi, stress pada waktu mau mengikuti ujian dan lain sebagainya.

Stress dapat dilihat dari gejala-gejala yang dirasakan, bahkan karena gejala-gejala stress inilah seseorang bisa mengalami gangguan fisik, misanya sulit tidur, gelisah, merokok dengan jumlah yang banyak melebihi biasanya, menjadi pemonum, sakit kepala, mual, nafsu makan menurun dan lain sebagainya. Agar lebih jelas berikut adalah beberapa penyakit yang mudah timbul akibat stress.

Darah Tinggi
Stress bisa menyebabkan orang menderita darah tinggi, hal ini disebabkan karena adanya tekanan pikiran.

Infeksi
Penderita stress lebih mudah terkena infeksi , karena stress bisa memicu hormone kortisol yang semakin tinggi, akibatnya orang yang stress bisa lebih mudah terkena infeksi.

Sakit Perut. dan Pusing
Orang yang sedang dalam kondisi stress berpeluang terkena penyakit sakit pada bagian perut atau mual-mual dan juga kepala yang pusing.

Selain penyakit-penyakit yang sudah disebutkan, stress bisa juga menyebabkan munculnya penyakit yang lain seperti resiko terkena diabetes, stroke dan jantung. Salah satu cara mencegah terjadinya stress dengan gangguan fisik yang paling aman adalah dengan cara berfikir positif dan menyelesaikan setiap masalah dengan cara yang positif pula, mental yang kuat juga bisa mencegah Anda terkena stress.

No comments:

Post a Comment