Monday 23 March 2020

Penjelasan Seputar Psikologi Pribadi dan 7 Dimensi Psikologis Manusia

Psikologis Pribadi dan 7 Dimensi Psikologis Manusia
Psikologi Pribadi

Psikologi Pribadi - Setiap pribadi manusia memiliki perbedaan yang satu dengan yang lainnya. Setiap pribadi juga cenderung mengalami perubahan. Tubuh manusia juga mengalami kecenderungan alami yaitu mengembalikan dalam keadaan yang seimbang.

Namun Tuhan memberikan kelebihan pada manusia, yaitu mampu beradaptasi pada setiap perubahan yang kerap terjadi, Hal tersebut dikarenakan kondisi yang meliputi psikologis emosional dan intelektual. Itulah sebabnya mengapa setiap individu memiliki perbedaan dalam memandang, menghadapi atau bereaksi terhadap setiap perubahan.

Reaksi yang diberikan tergantung pada tingkah laku dan tingkat emosinya. Berikut adalah tujuh dimensi psikologi kepribadian manusia, antara lain adalah sebagai berikut:

Dimensi Intelektualitas
Intelektualitas adalah kemampuan seseorang bagaimana ia berfikir. Intelektualitas ini berkaitan atau berhubungan dengan wawasan dan pemahaman, alasan, logika atau daya nalar dan pertimbangan.

Dimensi Temperamental
Temperamental adalah sikap kepribadian seseorang apakah ia adalah tipe yang pemarah, tenang, mudah dirayu, mudah diprofokasi, pemurah ketika menghadapi suatu kondisi yang tidak terduga atau situasi yang tidak ia harapkan.

Dimensi Emosional
Emosional adalah reaksi yang akan muncul dimana seseorang akan bereaksi dengan emosinya, seperti: menangis, sedih, bahagia, histeris, optimis, pesimis, over sensitif, depresi dan lain sebagainya.

Dimensi Kebebasan
Kebebasan dapat diartikan sebagai suatu keputusan yang dibuat atas kesadaran akan keinginannya, harapannya dan kemampuannya bagaimana ia mewujudkan keinginannya. Kebebasan dapat membuat seseorang menjadi lebih baik, bahagia, merasa tidak baik, menjadi diri sendiri, tertawa, merasa tidak bahagia atau marah.

Dimensi Imajinatif
Imajinatif adalah bentuk yang ada di dalam pikiran. Imajinatif dapat diartikan pula sebagai sesuatu yang diharapkan dan melihat scenario yang salah atau mencoba melihat jauh ke depan untuk mengawali sesuatu yang baru. Imajinatif bisa juga berupa bayangan menuju ke tahap yang lebih baik.

Dimensi Sosial
Sosial yang dimaksud adalah tingkah laku individu dalam kehidupan sosial, baik dalam lingkungan keluarga, pernikahan, kelompok, lingkungannya dan hubungan antara sesama individu yang lainnya. Dalam berhubungan dengan lingkungannya, manusia akan berhadapan dengan norma-norma sosial.

Penerimaan terhadap norma social dan bagaimana individu tersebut mengendalikannya dalam tingkah laku menjadi suatu kedisiplinan dan cara bagaimana indvidu dapat diterima dlingkungan sosialnya.

Dimensi Normatif
Normatif adalah norma-norma atau nilai-nilai dan pokok moral yang dapat mempengaruhi tingkah laku individu.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terjadinya perbedaan dalam diri individu karena adanya pengaruh dari aspek psikologi, latar belakang, lingkungan dan watak.

Demikian pembahasan mengenai psikologis pribadi yang memiliki perbedaan bereaksi saat mengalami suatu peristiwa atau perubahan dalam dirinya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.



No comments:

Post a Comment