Monday 30 March 2020

Peralatan Yang Mendukung Teknik Memancing di Pesisir Pantai


Peralatan Untuk Memancing di Pesisir Pantai
Memancing di Tepi Pesisir Pantai

Memancing adalah kegiatan yang mengasyikan dan bisa dijadikan cara melatih kesabaran. Memancing ikan tidak hanya di pinggir sungai atau kolam tempat pemancingan sungai, namun bisa dilakukan di pinggir pantai, di tengah dan dipermukaan pantai. Teknik mancing di pesisir pantai berbeda dengan teknik memancing di tengan dan permukaan.

Kondisi pantai Indonesia yang landai umumnya terdapat daerah yang curam atau disebut dengan tubiran. Di tempat-tempat yang curam inilah banyak diam ikan-ikan yang mengejar ikan buruannya ke bagian yang lebih dangkal. Hal ini menyebabkan kegiatan memancing di pesisir pantai menjadi lebih menarik.

Kegiatan memancing di pesisir pantai bisa dengan menggunakan teknik melempar jauh atau surfcasting yang didukung dengan peralatan yang baik.. Peralatan teknik memancing surfcasting yang bisa membantu teknik ini berjalan dengan baik adalah.

  • Joran

Tipe joran yang bisa digunakan adalah tipe telescopic atau yang memiliki tiga sambungan. Joran modern terbuat dari bahan grafit, bagian ujungnya berrbahan S glass atau ada juga yang terbuat dari E glass. Merk yang terkenal adalah Daiwa dan Shimano.

  • Penggulung
Untuk pemula penggulung yang digunakan bisa tipe spinning reel, ang memiliki minimal 3 buah ball bearing dan gear ratio lebih dari 3,1.Senar
Senar atau kenur yang ideal digunakan untuk teknik surfcasting adalah yang memiliki kekuatan 12 sampai 15 lbs.

  • Leader
Leader adalah istilah yang diberikan untuk tali pandu umum yang digunakan untuk mengikat kail. Tali lider pada umumnya terbuat dari kawat yang besar dan kaku, namun jika jenis ikan memiliki gigi tajam bisa menggunakan bahan kawat yang lemas dan tidak besar.

Memancing di pesisir pantai umumnya menggunakan teknik melempar yaitu lemparan samping, teknik ini adalah teknik dasar, caranya sama dengan cara melempar ke atas, Pada teknik lempar samping hampir mirip dengan lempar lembing.

Ikan yang menacap pada kail dinamakan dengan strike, jika sentakan pada strike sudah dilakukan namun berat semakin ringan, cepat gulung kenur sampai terasa lagi berat, dan jangan lupa kunci mati bagian rem spinning reel.

Dengan menggunakan teknik mancing di pesisir pantai, cara surfcasting kegiatan memancing lebih menyenangkan terlebih lagi jika mendapatkan ikan yang besar. Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment