Sunday 29 March 2020

Prosedur Menulis Artikel Online Untuk Kebutuhan Blog Atau Website

Prosedur Menulis Artikel Online Untuk Kebutuhan Blog Atau Webiste
Menulis Artikel Online
Prosedur menulis artikel berbeda dengan artikel yang ditulis untuk media cetak seperti koran atau majalah. Saat ini media internet menjadi salah satu media yang digunakan oleh masyarakat untuk mencari beragam informasi, salah satunya adalah informasi dalam bentuk artikel.

Jika Anda akan membuat artikel, harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari teknik penulisan, ide dan gagasan yang kreatif, ketelitian dsb.

Berikut adalah prosedur yang bisa Anda gunakan jika hendak menulis artikel untuk blog atau website yang Anda kelola atau artikel pesanan untuk blog/ website orang lain agar artikel Anda lebih berkualitas dan dengan mudah dapat diakses oleh pembaca.

Penggunakan Kata Kunci

Penggunaan kata kunci atau keyword dalam artikel online mempengaruhi robot search engine google, yang akan mendeteksi artikel anda. Kata kunci dapat ditandai dengan bold. Sebaiknya gunakan kata kunci secukupnya, bisa di awal atau akhir palagraf. Karena jika terlalu hambur kata kunci bisa merusak tampilan artikel Anda dan bisa mengakibatkan kesalahan robot google pada saat mendeteksi keyword.

Judul dan Sub-Judul

Memilih judul artikel harus menarik dan memiliki hubungan dengan isi artikel/ Sebaiknya judul ditulis tidak melebihi enam kata. Sebab jika melebihi, judul artiel yang Anda buat tidak akan masuk ke dalam anchor teks atau link url yang dibuat otomatis.

Sub judul dalam artikel dapat membantu Anda tetap fokus dengan apa yang menjadi pembahasan, dan para pembacapun akan lebih nyaman membaca dan lebih mudah untuk memahami isi yang disampaikan.

Isi Artikel

Menulis di blog sebaiknya tidak perlu panjang-panjang, Anda bisa menulis sekitar 250 – 400 kata. Namun hal ini bisa saja tidak berlaku, sebab metode dalam layanan google adsense berbeda-beda. Yang harus Anda perhatikan adalah membaca dilayar komputer berbeda dengan membaca di kertas, jadi sebaiknya palagraf dibuat pendek agar pembaca tidak merasa malas dan lelah pada saat membacanya. Perhatikan pula Font, baik ukuran dan warna.  Dan yang terpenting adalah isi harus dibuat informatif dan spesifik.

Memasang Link
Jika Anda ingin memasang link di dalam artiel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Pastikan link yang diberikan terbuka di tab baru.Bedakan link yang keluar dengan link yang menuju ke halaman blog Anda sendiri. Untuk bagian link yang keluar gunakan rel = nofollow, sedangkan untuk yang menuju artikel sendiri tidak perlu di nofollow.
  • Usahakan ada dua link menuju blog Anda (jika ada kaitannya) dengan adanya interlin tersebut dapat meningkatkan robot pencari mengindeks blog milik Anda.
Memasang Gambar di Artikel

Jika Anda akan menampilkan gambar di artikel pastikan gambar tersebut mengandung Alt tag yang dapat membantu memberitahu kepada google mengenai isi gambar tersebut, karena belum pasti googlebot bisa mengenai gambar tersebut. Agar ukuran file gambar jangan terlalu besar, sebaiknya dicompres terlebih dahulu.

Demikian pembahasan singkat mengenai prosedur menulis artikel online untuk kebutuhan blog atau website. Mudah-mudahan bisa menjadi referensi sehingga artikel yang ada di blog/website milik Anda menjadi lebih menarik, diminati dan bermanfaat bagi pembacanya.

No comments:

Post a Comment