Saturday 28 March 2020

Tips Membuat Naskah Pidato Hari Kartini Beserta Contohnya

Tips Membuat Naskah Pidato Hari Kartini Beserta Contohnya
Raden Ajeng Kartini

Contoh Naskah Hari Kartini - Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia setiap tahunnya memperingati hari Kartini. Kartini adalah pahlawan Indonesia yang membela hak-hak kaum wanita. 

Peringatan hari Kartini umumnya dirayakan dengan perlombaan atau hiburan, baik yang diadakan di lingkungan Rt/ Rw, sekolah-sekolah dari mulai Taman Kanak-Kanak sampai di sekolah menengah tingkat atas. 

Sebelum acara dimulai biasanya dibuka oleh pidato sambutan, baik oleh penyelenggara ataupun oleh kepala sekolah (jika diadakan di sekolah). Pidato adalah suatu kegiatan berbicara didepan umum untuk menyatakan sebuah pendapat dan pesan mengenai sesuatu hal/ perstiwa/ sesuai dengan tema yang diangkat. Dalam konteks ini adalah hari Kartini.

Membuat pidato hari Kartini, bisa menjadi salah satu acara yang dilombakan.  Untuk memudahkan membuat naskah pidato, yang harus dilakukan pertama kali adalah:

  1. Mengetahui profil RA Kartini dan apa yang sudah ia lakukan untuk bangsa ini.
  2. Pahami Bagaimana penulisan dan cara berpidato
kedua poin tersebut dapat dijadikan panduan untuk membuat naskah pidato dan Anda mengetahui pesan apa yang sekiranya akan disampaikan.

Contoh Naskah Pidato Untuk Acara Hari Kartini

Assalammualaikum Wa rahmatullahi Wa Barokatuh! Selamat siang ibu bapak yang kami hormati dan kawan-kawan yang saya cintai. Dalam kesempatan yang berbahagia ini mari kita panjatkan syukur kehadirat Tuhan YME,karena atas nikmatnyalah kita bisa bersama-sama merayakan kembali hari Kartini.

Seperti yang kita ketahui semua, bahwa hari ini 21 April kita bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini. Beliau merupakan wanita Indonesia kelahiran Jepara, merupakan salah satu dari sekian banyak pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan hak dan emansipasi wanita untuk memperoleh kesamaan hak dengan kaum pria, salah satunya adalah memperoleh pendidikan dan perlakuan yang layak baik dalam lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

Dengan adanya petingatan hari Kartini, yang terpenting adalah mengambil hikmah dan mengambil semangatnya untuk meneruskan perjuangan beliau. Yang paling sederhana adalah kita para siswi untuk terus belajar dan berkarya agar dapat turut serta dalam pembangunan bangsa.

Perjuangan Kartini belumlah selesai, selain dituntut untuk berdikari para wanita juga tidak sewenang-wenang melupakan kewajibannya baik sebagai ibu, istri. Selamat Hari Karini, kita adalah Kartini-Kartini muda yang harus mengukir prestasi untuk membanggakan orangtua, keluarga, bangsa dan Negara.

Selanjutnya untuk mengisi kegiatan dalam rangka hari Kartini, panitia menyelenggarakan perlombaan membuat naskah pidato hari kartini dan menyediakan bazaar yang diikuti oleh setiap kelas dan warga sekitar yang hasilnya akan kami sumbangkan kepada pihak yang membutuhkan. Sekian sambutan dari kami. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Wasalam.



No comments:

Post a Comment