Wednesday 1 April 2020

Bahaya Tidak Menghabiskan Antibiotik Bagi Kesehatan

Bahaya Tidak Menghabiskan Antibiotik Bagi Kesehatan
Obat Antibiotik

Masih banyak diantara kita yang beranggapan penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan hilang dengan cara mengkonsumsi obat, ternyata hal tersebut tidaklah benar. Menurut pakar kesehatan menjelaskan walaupun terasa sudah sembuh, penderita tetap harus menghabiskan antibiotik, karena terdapat bahaya tidak menghabiskan antibiotik, untuk lebih jelasnya ikuti pembahasannya sebagai berikut.

Antibiotik adalah sejenis obat-obatan untuk melawan bakteri yang terdapat di dalam tubuh. Terdapat bahaya tidak menghabiskan antiobiotik yang diberikan oleh dokter jika sakit dan harus dikonsumsi dengan tepat jika tidak maka akan menyebabkan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh.

Kerja antibiotik adalah dengan menyerang metabolisme, perkembangbiakan bakteri yang menyebabkan penyakit. Namun yang harus di ketahui antibiotik tidak membasmi bakteri, namun hanya bisa mengurangi jumlah bakteri sehingga infeksi yang disebabkan oleh bakteri bisa disembuhkan oleh sistem kekebalan pada tubuh penderita.

Berikut ini adalah bahaya tidak menghabiskan antibiotik
  • Bakteri penyakit masih terdapat di dalam tubuh. 

Tidak menghabiskan antibiotik, atau meminumnya tidak dengan benar bisa menyebabkan bakteri penyebab penyakit tidak mati, hal ini bisa menyebabkan infeksi muncul lagi. 
  • Membuat bakteri semakin kuat.

Beberapa jenis bakteri bisa melakukan sistem kekebalan tubuh mereka. Contohnya: jika menderita radang tenggorokan dan  minum antibiotik tidak dengan benar, maka bisa menyebabkan demam rematik.
  • Mengakibatkan resistensi bakteri.

Jika bakteri melakukan resisten bisa menyebabkan antibiotik sudah tidak lagi di  respon oleh bakteri. Karena bakteri bisa berkembangbiak dengan acak dan merubah DNA, dan melakukan resistensi terhadap antibiotik.
  • Perpindahan Bakteri ketempat atau bagian tubuh yang lain.

Jika minum bakteri tidak benar atau tidak menghabiskannya bisa menyebabkan juga bakteri akhirnya berpindah tempat ke bagian jaringan atau bagian tubuh yang lain, yang bisa menyebabkan bahaya.

Dari paparan di atas jelaslah manfaat dan fungsi antibiotik bagi tubuh, sehingga cara minumnya harus mengikuti resep dokter dan menghabiskannya. Bahaya tidak menghabiskan antibiotik, tentu saja bisa dicegah dengan cara mengikuti aturan yang sudah diberikan oleh dokter. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

No comments:

Post a Comment