Wednesday 23 September 2020

Merawat Furniture Bahan Rotan Yang Paling Mudah

Merawat Furniture Bahan Rotan Yang Paling Mudah
Furniture Bahan Rotan

Anggapan perabotan rotan terlihat jadul dan kuno sekarang sudah tidak berlaku lagi. Sekarang ini hadir ragam inovasi perabotan rotan dengan berbagai model dan desain yang ciamik. Bahkan karena terlihat modern banyak yang beranggapan kalau perabotan dari bahan rotan harganya mahal, padahal harganya bisa lebih murah dibandingkan dengan perabotan bahan kayu.

Ada kelebihan perabotan berbahan rotan dibandingkan dengan bahan lain, salah satunya yaitu lebih fleksibel sehingga lebih mudah dibentuk menjadi konstruksi yang kokoh. Namun, bahan rotan juga memiliki kekurangan yaitu apabila pada waktu proses pengolahannya kurang tepat dan tidak dibarengi dengan perawatan yang benar bisa menyebabkannya rotan cepat rusak.

Berikut ini kami akan membagikan informasi berupa tips bagaimana caranya merawat furniture bahan rotan yang paling mudah namun sangat efektif.  Langsung saja simak tipsnya berikut ini:

Peralatan dan Bahan:

  • Sabun untuk cuci piring
  • Air Bersih
  • Kain lap yang bahannya lembut dan tidak berbulu
  • Wadah untuk menyimpan air
  • Sikat gigi
  • Minyak khusus untuk pelapis rotan
  • Pernis bening
  • Kuas Cat / lukis

Cara Membersihkannya:

Pertama-tama tuangkan air ke dalam baskom dan masukkan sabun cuci piring sebanyak satu sedok saja. Lalu aduk hingga mengeluarkan busa.

Celupkan lap ke dalam busa tersebut. Namun, jangan sampai terkena airnya kenakan saja busanya agar tidak terlalu basah. Membersihkan rotan dalam keadaan terlalu basah, kemungkinan perubahan warna dan proses pelapukan jadi lebih mudah terjadi.

Bersihkan rotan menggunakan lap yang sudah dicelupkan ke dalam busa sabun cuci piring.

Selanjutnya gunakan sikat gigi untuk membersihkan celah-celah atau sudut yang kotor. Gosok dengan arah yang sama.

Membersihkan furniture bahan rotan sebaiknya dilakukan dengan rutin yaitu seminggu satu kali. Apabila ada bagian yang rusak atau retak. Cara mengatasinya bisa gunakan minyak biji rami panas. Tapi ingat, sebelum Anda memolesnya dengan minyak dipoles minyak, lap atau bersihkan terlebih dulu seluruh permukaan rotan. Setelah dilap, diamkan beberapa saat sampai kering sebelum kembali digunakan. Jika akan memindahkan perabotan dari bahan rotan jangan menyeretnya karena perlakuan ini bisa menyebabkan rotan retak atau tergores. Sebaiknya pindahkan dengan cara diangkat. Jika tidak mampu mengangkatnya sendiri, mintalah bantuan orang lain.

Apabila terdapat noda yang susah hilang, bisa membersihkannay dengan sabun cuci piring dengan takaran lebih banyak dibandingkan biasanya. Nah, jika sudah selesai dibersihkan, harus dikeringkan. Cara mengeringkannya bisa menggunakan hairdryer atau dijemur. Kalau dijemur diluar, sebaiknya jemur dengan cara diangin-angin saja. Hindari terkena sinar matahari langsung karena dikhawatirkan bisa menyebabkan rotan cepat rapuk atau patah. Selain itu terlalu lama terkena sinar matahari bisa membuat warna cepat pudar.

Setelah kering, lapisi permukaan rotan menggunakan pernis. Gunakan kuas yang ukurannya bisa disesuaikan dengan permukaan dan sudut-sudut rotan, agar polesan ke seluruh permukaan rotan rata dan maksimal. Penggunaan pernis bisa membuat furniture awet dan bertahan lebih lama. Demikian informasi mengenai tips merawat furniture bahan rotan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment