Monday 28 September 2020

Pembahasan Lengkap Penyebab Dan Efek Polusi Udara

Ilustrasi Polusi Udara


Sebelum masuk ke pembahasan penyebab dan efek polusi udara ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan polusi udara. Untuk lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut ini.

Pengertian Dan Pembagian Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah kehadiran dari satu atau lebih substansi kimia ataupun biologi di atmosfir dalam jumlah yang bisa mengakibatkan bahaya bagi kesehatan, kenyamanan lingkungan disekitarnya.

Pencemaran udara dapat diartikan juga masuk atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam lapisan udara atau atmosfir yang dapat menyebabkan rusaknya, terganggunya lingkungan dan kesehatan manusia.

Pencemaran udara dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu:

1.    Pencemaran udara primer adalah pencemaran yang disebabkan secara langsung oleh sumber terjadinya pencemaran udara.

2.    Pencemaran sekunder adalah pencemaran yang terbentuk akibat adanya reaksi pencemaran primer yang terdapat di atmosfir.

 

Terdapat beberapa jenis-jenis bahan yang bisa menyebabkan pencemaran udara, antara lain adalah: karbon monoksida, CFC, sulfur dioksida, timah, ozon, hydro carbon, nitrogen dioksida, karbondioksida, benda partikulat.

Penyebab dan Dampak Pencemaran Udara

Penyebab pencemaran udara bisa karena beberapa faktor, contohnya di kota besar mendapatkan udara yang bersih dan segar merupakan hal yang sangat sulit. Hal tersebut bisa diakibatkan karena semakin padatnya pemukiman penduduk, semakin banyaknya kendaraan bermotor, berkurangnya lahan hijau dan semakin banyaknya pembangunan gedung-gedung dan pemukiman rumah dan lain sebagainya. Pencemaran udara dapat menyebabkan dampak negatif bagi lingkungan dan kehidupan manusia.

·   Menyebabkan menipisnya lapisan ozon.

·   Menyebabkan pemanasan global.

·   Menimbulkan penyakit pada pernapasan, contohnya: asma, pau-paru, batuk dsb.

·   Menimbulkan penyakit kulit.

·   Sters akibat ketidaknyamanan lingkungan.

·   Menurunnya kesehatan tubuh dan mental anak-anak.

Pencemaran udara tidak boleh didiamkan secara berlarut-larut, baik pemerintah maupun masyarakat harus mencari cara bagaimana masalah pencemaran udara bisa diselesaikan dengan cepat dan tepat. Beberapa solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencemaran udara adalah:

·   Menghemat energi yang digunakan.

·   Menjaga lingkungan tempat tinggal.

·   Menanam pohon.

·   Mengembangkan dan menggunakan teknologi ramah lingkungan.

·   Adanya peraturan larangan merokok di beberapa kawasan dan larangan membakar sampah.

·   Adanya ketegasan dari pemerintah dalam menetapkan kawasan industri dan menindak tegas pihak-pihak yang melakukan pencemaran udara.

Demikian penjelasan singkat mengenai polusi udara. Nah dengan mengetahui dan memahami apa yang menjadi penyebab dan efek polusi udara diharapkan dapat membuat kita lebih peduli terhadap lingkungan dan mentaati peraturan dan etika lingkungan. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment