Wednesday 23 September 2020

Penjelasan Seputar Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif

Penjelasa Seputar Metode Penelitan Deskriptif Kuantitatif
Membuat Penelitian Ilmiah

Metode penelitian desktiptif kuantitatif – Dalam penelitian deskriptif dapat dilakukan dengan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Metode deskriptif dalam penelitian memiliki tujuan untuk memberikan gambaran atau mendesktipsikan suatu keadaan atau fenomena yang diteliti dengan objektif.

Untuk lebih memahami deskriptif kuantitatif, terlebih dahulu harus mengetahui apa yang dimaksud dengan metode penelitian desktiptif dan karakteristiknya. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai penelitian desktiptif dan juga desktiptif yang menggunakan metode kuantitatif.

Pengertian Penelitian Deskriptif

Menurut Whitney metode deskriptif adalah proses mencari fakta dengan menggunakan interpretasi yang tepat. Oleh karenanya penelitian deskriptif berguna untuk mempelajari masalah yang terjadi dalam masyarakat di situasi-situasi tertentu termasuk suatu hubungan, sikap, kegiatan, pandangan dan proses yang sedang berlangsung dan yang mempengaruhi suatu fenomena atau kejadian.

Penelitian deskriptif juga merupakan penelitian yang digunakan untuk menjelaskan fenomena, karakteristik sesuatu, situasi atau kelompok tertentu dengan akurat. Dengan demikian, metode deskrpstif dapat dikatakan sebagai suatu cara untuk menemukan makna baru dan menjelaskan suatu kondisi, keadaan atau mengkategorikan sesuatu.

Ciri-Ciri Metode Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif berupa mengumpulkan dan menggambarkan data-data yang berbentuk angka. Hal ini menjadi salah satu yang membedakannya dengan metode deskriptif kualitatif yang menggunakan penggambaran secara naratif.

Metode deskriptif memiliki karakteristik atau ciri-ciri sebagai berikut:
  1.  Metode ini digunakan sebagai gambaran mengenai suatu peristiwa atau kejadian.
  2. Mencakup jenis penelitian yang lebih luas di luar jenis metode penelitan sejarah dan eksperimental.
  3. Secara umum disebut juga sebagai metode survey.
Bagi peneliti, metode ini bukan hanya memberikan gambaran terhadap suatu kejadian atau fenomena saja namun peneliti harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
  • Menerangkan hubungan.
  • Melakukan pengujian hipotesis
  • Melakukan beberapa prediksi dan mendapatkan suatu makna dari peristiwa atau kejadian yang sedang diteliti.
  • Implikasi suatu peristiwa atau masalah yang akan dipecahkan.
  • Mengumpulkan data dengan cara wawancara, daftar pustaka, dokumentasi.
Dari penjelasan di atas, kita mengetahui bahwa penelitian deskriptif digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu variable yang sistematis. Jika penelitian yang dimaksud digunakan untuk mengetahui suatu hubungan antara yang satu dengan yang lainnya atau untuk melakukan perbandingan maka metode yang tepat adalah dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional atau komperatif.

Demikian pembahasan mengenai desktiptif, semoga dapat menambah informasi dan bermanfaat khususnya bagi pembaca yang sedang membuat penelitian dengan menggunakan metode penelitian desktiptif kuantitatif.

No comments:

Post a Comment