Monday 28 September 2020

Penyebab dan Cara Bertahan Ditengah Persaingan Ketat Toko Bahan Bangunan

 

Ilustrasi Toko Bahan Bangunan

Salah satu faktor penyebab persaingan ketat toko bahan bangunan adalah semakin meningkatnya permintaan pasar terhadap bahan-bahan bangunan. Dengan adanya pembukaan kawasan perumahan, pembangunan rumah, kantor, sekolahan dsb membuat bahan-bahan bangunan selalu dibutuhkan.

Akibat banyaknya permintaan pasar, peluang bisnis bahan bangunan menjadi yang menjanjikan. Semakin banyaknya pembisnis yang bergerak dalam bisnis ini, mengakibatkan persaingan pasar yang semakin ketat dan munculnya beragam harga yang sangat bersaing.

Dengan adanya perubahan selera konsumen yang cepat berpindah sesuai dengan trand dunia poperti mengakibatkan banyaknya konsumen mencari bahan-bahan bangunan yang mendukung pembuatan rumah yang sesuai dengan trand.

Agar tidak kalah bersaing, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam membangun bisnis bahan bangunan, khususnya bagi Anda yang sedang memulai bisnis ini.

Bidik Konsumen Yang Tepat

Konsumen bahan bangunan adalah masyarakat atau instansi yang sedang merencanakan pembangunan rumah atau gedung lainnya. Selain itu ada pula target yang lebih luas lagi seperti kontraktor proyek bangunan dan beberapa pembisnis poperti yang dapat dijadikan sebagai link untuk memperoleh bahan-bahan bangunan yang mereka perlukan.

Cari Informasi Bahan Bangunan dan Harga

Bahan bangunan yang paling banyak / sering dibutuhkan antara lain : genteng, pasir, batu bata, kayu, cat, pipa, besi, semen dan masih banyak lagi bahan-bahan lainnya yang diminati oleh pasar. Setiap produk memiliki berbagai macam merek dengan harga dan kualitasnya masing-masing. Dengan adanya merk dan harga yang bervariasi, Anda bisa menawarkan prodak yang sesuai dengan baget mereka.

Pemasaran

Salah satu contoh pemasaran yang efektif dan tepat untuk memasarkan bahan bangunan adalah dengan menjalin kerasama dengan berbagai pihak, terutama ke para pembisnis poperti ataupun kontraktor.

Jika sudah mendapatkan jaringan Anda bisa menjalin kerjasama untuk proyek mereka selanjutnya. Untuk membuka jaringan dan menarik konsumen, caranya adalah dengan :

  • Sebaiknya Anda memiliki toko bangunan.
  • Memperluas dengan memasang iklan di beberapa media baik cetak maupun online.
  • Memberikan bonus/ harga diskon jika sudah membeli lebih dari nominal yang sudah ditentukan, dengan harapan mereka akan membeli di toko Anda, jika suatu saat membutuhkan bahan-bahan bangunan.

Dengan tips di atas diharapkan persaingan ketat toko bahan bangunan tidak berdampak pada penurunan hasil bisnis Anda dan yang tidak kalah penting adalah kualitas produk yang dijaga dengan pelayanan yang baik sehingga pelanggan tidak akan pindah ke tempat lain dan bermunculan konsumen baru. 

No comments:

Post a Comment