Wednesday 23 September 2020

Profil dan Kutipan Pidato Martin Luther King Jr dalam Bahasa Indonesia

Martin Luther Jr

“Aku memiliki Sebuah Mimpi” atau “I have a dream” merupakan pidato yang dibacakan oleh Martin Luther King Jr seorang pejuang persamaan hak warga kulit hitam di Amerika Serikat. Pidato tersebut berdampak pada perubahan warga kulit hitam di Amerika Serikat. Seperti apakah isi pidato Martin Luther King Jr dalam bahasa Indonesia tersebut? Simak uraiannya berikut ini.

Profil Singkat

Marthin Luther King Jr adalah warga kulit hitam warga Amerika Serikat, lahir pada tanggal 15 Januari 1929. Karir politiknya mulai dikenal sejak menjadi pemimpin gerakan Boikot Bis Alabama pada tahun 1955.

Penyebab pemboikotan bis tersebut adalah setelah terjadi penangkapan terhadap seorang perempuan kulit hitam, Rosa Parks setelah ia menolak memberikan kursi kepada seorang lelaki berkulit putih.

Saat itu di Amerika Serikat masih berlaku politik pemisahan berdasarkan warna kulit. Para penumpang bis kulit hitam hanya boleh duduk di kursi belakang. Dan dari situlah awal langkah besar gerakan persamaan hak warga kulit hitam di Amerika Serikat.

Selama hidupnya, Martin Luther berada di situasi yang berbahaya. Ancaman dan serangan pembunuhan sering terjadi. Pada tanggal 4 April 1968 saat berdiri di balkon lantai dua Lorraine Motel di Memphis Amerika, sebutir peluru bersarang dikepalanya merubah segalanya. Martin kemudian tersungkur dan tewas satu jam kemudian.

Kutipan Awal Pidato”I Have a Dream”

Berikut adalah kutipan sebagian isi pidatonya yang sangat terkenal I have a dream:
Saya memiliki mimpi bahwa suatu hari nanti di bukit merah Georgia putra mantan budak dan anak-anak bekas pemilik budak dapat duduk bersama di meja persaudaraan. Saya mempunyai mimpu bahwa suatu saat nanti bahkan di negara bagian Missisipi negara bagian bergurun, panas terik dengan ketidakadilan dan penindasan akan berubah menjadi sebuah oase kebebasan dan keadilan.

Saya mempunyai mimpi bahwa suatu hari nanti keempat anak saya akan tinggal di suatu bangsa di mana mereka tidak akan dinilai dari warna kulit namun oleh karakter mereka.

Saya mempunyai mimpi hari ini bawa suatu hari negara bagian Alabama yang bibir gubernurnya saat ini menetes kata-kata penempatan dan penghapusan akan berubah menjadi situasi di mana anak-naka lelaki kulit hitam dan anak-anak perempuan berkulit putih bisa berjalan bersama sebagai saudara.

Saya mempunyai mimpi hari ini, bahwa suatu hari setiap lembah akan ditinggikan, bukit dan pegunungan dibuat rendah, tempat yang kasar dibuat polos dan tempat berliku-liku dibuat lurus. Kemudian Tuhan akan dinyatakan dan segala manusia akan melihat bersama-sama” .....

Petikan awal pidato Martin Luther King Jr, yang sangat fenomenal tersebut  dibacakan dihadapan lebih dari 200.000 pendukung hak sipil pada tanggal 28 Agustus 1963 menjadi hari yang menentukan dalam sejarah gerakan hak-hak warga sipil Amerika Serikat. Pidato yang dibacakannya menjadi salah satu pidato yang terkenal pada abad ke 20.

Mimpi Martin Luther King Jr saat ini sudah terwujud dengan adanya persamaan hak warga kulit hitam di Amerika Serikat. Banyak warga negro yang berada di kursi politik, bersekolah bahkan boleh duduk di bangku depan bis kota dsb. Mimpinya bahwa warga kulit hitam dilihat dari karakter dan prestasinya sudah terwujudkan.

Dari pidato Martin Luther King Jr dalam bahasa Indonesia di atas kita dapat mengambil inti sarinya, bahwa kita tidak boleh berhenti untuk bermimpi.





No comments:

Post a Comment