Wednesday 23 September 2020

Skripsi Akuntasi Keuangan

 


Skripsi akuntasi keuangan merupakan karya tulis ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa  yang sedang menempuh pendidikan S1 (Strata Satu). Secara garis besar isinya berupa penjelasan-penjelasan mengenai penelitian terhadap objek penelitian atau permasalahan yang terdapat dlam bidang ilmu tertentu.

Pembuatan karya ilmiah skripsi tidak boleh sembarangan, harus berdasarkan teori atau kaidah-kaidah ilmu yang menjadi bidang kajian peneliti. Skripsi akuntasi ekonomi adalah penelitian yang mengaplikasikan bidang kuliah. Skripsi ini dibuat oleh mahasiswa dari fakultas ekonomi bisa dari berbagai jurusan, seperti: jurusan akuntasi manajemen, akuntasi perpajakan, akuntasi perbankan dsb.

Proses Pencarian Data-Data
Data-data yang digunakan bisa dari berbagai macam jenis data, dengan catatan data yang digunakan tersebut dapat mendukung penelitian keuangan. Data bisa didapatkan dari berbagai macam sumber, seperti: data-data perkantoran, perusahaan dagang, perusahaan jasa dan bidang bisnis lainnya yang melakukan aktivitas atau kegiatan keuangan.

Namun, jika Anda akan membuat penelitian mengenai akuntasi keuangan, tidak semua perusahaan atau bidang usaha bisnis bersedia memberikan data-datanya. Hal tersbut dikarenakan, ada beberapa perusahaan atau organisasi yang menganggap bahwa laporan keuangan merupakan sesuatu yang rahasia, sifatnya pribadi.

Jika berhadapan dengan situasi seperti itu, jangan cepat putus asa, Anda bisa mencobanya kembali dengan melobi langsung manajer keuangaan. Oleh sebab itu, persiapan merupakan hal yang penting sebelum Anda datang ke perusahaan atau organisasi yang menjadi tujuan. Beberapa persiapan yang harus Anda lakukan, seperti:

·         Surat riset penelitian yang dikeluarkan oleh pihak kampus atau fakultas. Surat riset adalah bukti bahwaAnda benar-benar sedang melakukan penelitian.
·         Persiapkan bahan pembicaraan, jangan sampai Anda terlihat bingung dan ragu-ragu. Kemukakan apa yang menjadi alasan dan ketertarikan Anda membuat penelitian berdasarkan topic atau permasalahan yang diangkat.
·         Berpakaian formal, yang rapih dan sopan.

Tahapan Membuat Skripsi Akuntasi Keuangan
Tahapan membuat penelitian akuntasi keuangan sama seperti pada tahapan-tahapan yang dilakukan pada skripsi pada umumnya, yaitu:

1.    Menentukan topik atau judul
Topik atau judul penelitian  bisa berbagai macam hal, fenomena, kegiatan dll yang ada di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal. Misalnya: topic mengenai industri rumah tangga yang mengalami kemajuan atau bisnis lainnya.

Judul atau topik penelitian harus dibuat semenarik mungkin, sehingga orang lain  tertarik untuk membacanya. Judul skripsi diusahakan jangan sama dengan judul-judul skripsi yang sudah ada sebelumnya.  Judul skripsi menentukan masalah yang akan Anda teliti, karena judul skripsi memiliki kaitan dengan pembahasan.

2.    Pengumpulan data
Pengumpulan data bisa dilakukan dengan berbagai macam teknik, yaitu seperti wawancara, berbagai macam riteratur, daftar pustaka, dokumentasi dan pendekatan langsung ke lapangan (observasi).

Setelah data-data terkumpul kemudian masuk pengolahan, analisis dan pada tahap akhir menyimpulkannya. Kesimpulan dalam karya tulis ilmiah, antara permasalahan yang diteliti dengan pembahasan dan kesimpulan harus saling berkaitan dan bergubungan.


peneliti harus dapat menjelaskan analisa berdasarkan teori keuangan tertentu, yang dianggap paling dekat,, relevan dengan permasalahan yang diteliti.

3.    Mempertahankan Fakta
Pada waktu sidang skripsi, Anda harus bisa menjelaskan masalah dan isi penelitian yang Anda buat, serta harus dapat mempertahankan fakta-fakta atau bukti yang sudah disusun dalam skripsi.  Disarankan pula untuk mempersiapkan sumber-sumber yang tidak diragukan, terpercaya untuk memperkuat pendapat, misalnya sumber dari buku-buku akuntasi, khususnya buku mengenai akuntasi keuangan dsb.

Demikian pembahasan mengenai penelitian ilmiah akuntasi keuangan, dengan adanya pembahasan ini, diharapkan pembaca dapat memahami tahap-tahap membuat skripsi akuntasi keuangan,khususnya bagi mahasiswa yang mengambil jurusan atau program studi ekonomi.

No comments:

Post a Comment