Wednesday 23 September 2020

Tips Belajar Menulis Cerpen

 


Cerpen adalah singkatan dari merupakan singkatan dari cerita pendek. Walaupun pendek cara menulis cerpen tidak bisa disepelekan. banyak cerpen-cerpen yang lahir dari penulis-penulis namun banyak juga diantaranya yang kurang menarik dengan cerita yang plat atau datar. Untuk bisa menulis cerpen dibutuhkan pengetahuan dan sudut pandang dari banyak hal, serta rajin dan ketekunan menulis.
Pengertian Cerpen
Cerpen adalah sebuah cerita pendek, yang didalamnya berisi tentang cerita atau sebuah peristiwa yang menjurus, hal ini yang membedakan cerpen dengan roman dan novel.

Karena ceritanya pendek, maka dalam penerbitan buku cerpen kita mengenal adanya kumpulan-kumpulan cerpen artinya dalam satu buku terdapat beberapa judul cerpen bisa berupa karya tunggal (kumpulan cerpen karya satu orang) atau kumpulan cerpen dari beberapa orang penulis yang dijadikan dalam satu buku. Untuk kumpulan cerpen kita mengenalnya dengan istilah antologi cerpen. Untuk memulai belajar menulis cerita cerpen adalah memahami cara penulisan cerita non fiksi. yaitu:
  • Tentukan tema cerita
Dalam menentukan tema ceroya bisa  dengan mengambil hal-hal atau peristiea dan kejadian yang pernah dialami atau yang dekat dengan diri Anda. misalnya Jika Anda seorang pelajar, kehidupan di sekolah bisa diambil menjadi tema cerita, atau dicari yang lebih spesifik lagi misalnya cerita persahabatan, cinta, permusuhan yang terjadi disekolah. Tema cerita harus merujuk pada pengalaman pribadi, pengalaman orang lainpun bisa menjadi pertimbangan untuk diangkat menjadi tema cerpen.
  • Menentukan tokoh.
Dalam proses menentukan tokoh bukan hanya membuat karakter tokoh yang ada namun proses penokohan berfungsi  juga sebagai penyampai pesan, ide, tema dan lain sebagainya.
  • Membuat Alur Cerita
Dalam membuat alur, penulis tidak hanya memaparkan dan menjelaskan suatu peristiwa namun harus juga dibarengi dengan penjelasan mengapa peristiwa atau kejadian tersebut bisa terjadi.
  •  Menentukan Bagian Konflik atau ketegangan
Konflik atau ketegangan adalah salah satu poin yang terdapat dalam alur. Konflik atau ketegangan adalah sesuatu yang penting karena dengan adanya ketegangan pembaca merasa penasaran dan bisa merasakan ketegangan yang dimunculkan.

Selain menguasai poin-poin di atas menulis cerpen bisa dilakukan dengan baik dan menjadi mengasyikkan harus dibarengi dengan mengapresiasi atau membaca karya cepen dari orang lain. Demikian pembahasan mengenai cara belajar menulis cerpen. semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment