Tuesday 12 January 2021

Perbedaan Sayur Asam Jawa dan Sunda, Kamu Suka Yang Mana?




Membayangkan makan sayur asam ditambah sambel dan kerupuk sudah bikin air liur mengalir, apalagi  menyantapnya langsung. Sayur ini cocok disantap di saat udara dingin ataupun panas. Sayur asam adalah masakan asli dari Indonesia. Cara masak sayur asam terbilang sangat mudah, namun tetap membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam meracik dan memberi takaran bumbu.
Sayur asam adalah jenis sayuran yang terdiri dari bahan-bahan sayuran dengan isi kacang panjang, nangka muda, kacang tanah, daun dan buah melinjo dan lain sebagainya. Banyak bahan yang bisa ditambahkan pada menu masakan yang satu ini.

Kita sering mendengar ada sayur asam dari daerah sunda dan ada juga sayur asam dari daerah jawa, sebenarnya apa sih yang membedakannya? apakah  dari bumbu-bumbu dan bahannya? atau cara masak sayur asemnya? Secara sepintas, versi Sunda dan Jawa memang tidak ada bedanya, tapi tentu ada yang membedakannya karena setiap daerah memiliki khas sendiri. Untuk mengetahui jawabannya, mari kita urai terlebih dahulu bahan-bahan dan cara masak sayur asam dari daerah Sunda dan Jawa

Cara Masak Sayur Asam Khas Jawa
Bahan-Bahan:
  • Nangka yang masih muda, 150 gr
  • dua buah jagung manis ,  masing-masing dipotong menjadi tiga bagian
  •  kacang tanah, 60 gr
  • ¼ buah papaya yang masih muda
  •  daun melinjo, 50 gr
  • kacang panjang, 150 gr
  • daging tetelan sapi, 100gr

 Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
  • cabai merah, 2 buah
  • bawang merah, 3 butir
  • 1 sendok terasi yang sudah dibakar atau terasi matang
  • 1 sendok makan garam
  •  1 sendok teh gula
  •   lengkuas dengan panjang 1cm
  • daun salam sebanyak dua lembar
  •  3 buah asam yang masih muda
  • 2 buah tomat

Cara membuatnya:
  1. Pertama-tama haluskan bumbu-bumbu yang sudah disediakan. bisa menggunakan blender atau dengan cara menumbuknya.
  2. Masukkan air, dan rebus tetelan daging sapi sampai empuk. Lalu masukkan nangka muda yang sudah dipotong-potong, melinjo, kacang tanah, asam jawa, daun salam dan lengkuas. setelah agak mendidih masukkan tomat.
  3. Angkat tomat dan hancurkan didalam mangkok, kemudian beri sedikit kuah dan saring. Masukkan air tomat ke dalam panci berisi bahan-bahan yang sedang direbus.
  4. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian didihkan kembali dan masukkan papaya muda,  potongan jagung manis dan daun melinjo. aduk dan didihkan sebentar.

Selesai sudah, sayur asam khas Jawa siap disajikan. Lalu apa perbedaannya dengan sayur asam khas Sunda? nah dalam link artikel berikut ini, Anda akan mengetahui perbedaannya. 


Cara Masak Sayur Asam khas Sunda
Bahan-Bahan:
·         kacang tanah secukupnya
·         Daun melinjo
·         Lengkuas dengan panjang 2cm
·         kacang panjang secukupnya
·         labu siam
·         daun salam sebanyak dua lembar
·         tetelan, 100 gr
·         2 liter air.
Bumbu-bumbu yang dihaluskan:
·         5 sendok makan air asam Jawa
·         2 sedok makan gula merah
·         2 buah suing bawang putih
·         5 buah suing bawang merah
·         terasi sebanyak 1 sendok teh
·         cabai merah, 3 buah
Cara Masak Sayur Asam Khas Sunda
1.    tetelan dipotong bentuk dadu. pipihkan lengkuas dengan cara di geplekkan.
2.    potong kacang panjang dengan menggunakan tangan dan potong labu siam menjadi bentuk dadu/ kotak
3.    haluskan semua bahan-bahan untuk bumbu halus, yaitu: bawang putih, bawang merah, cabai merah, garam, terasi, garam, air asam jawa dan gula.
4.    masukkan air ke dalam panci, rebusa sampai mendidih.
5.    Kemudian masukkan tetelan dan garam secukupnya, diamkan sampai tetelan empuk.
6.    Setelah tetelan empuk masukkan bumbu halus, lengkuas dan daun salam, aduk sampai rata, setelah mendidih tambahkan melinjo dan kacang tanah, rebus keduanya sampai benar-benar empuk
7.    Terakhir masukkan daun melinjo, kacang panjang dan labu siam yang sudah dipotong-potong. Aduk dan diamkan sampai sayur asam matang dan bumbunya benar-benar meresap.

Perbedaan Sayur asam Jawa dan Sunda
Dari pemaparan mengenai bumbu-bumbu dan cara masak sayur asam Jawa dan Sunda, jika diperhatikan dan dibayangkan sepintas sayur asam dari Jawa dan Sunda sama saja, tapi coba Anda bayangkan dan mencoba membuatnya sendiri.
Sayur asam Sunda warnanya lebih keruh karena bumbu cabai dan bawangnya dihaluskan. dan rasanya agak lebih manis. Sedangkan sayur asam Jawa warna kuahnya juga keruh tapi agak kemerahan, hal ini disebabkan karena cara masak sayur asam jawa dengan cara semua bumbu dan kemiri dihaluskan. inilah yang menyebabkan warnanya agak kemerahan dengan aroma terasi. Terdapat perbedaan bahan yang digunakan, yaitu:
Pada sayur asam Jawa bahan-bahan yang digunakan lebih banyak/ beragam, yaitu : nangka, jagung, papaya, kacang tanahm kacang panjang, melinjo, tetelan sapi sedangkan pada sayur asam Sunda menggunakan labu, kacang tanah, Daun melinjo, lengkuas, daun salam dan lain sebagainya (untuk lebih jelas bisa melihat bahan-bahan yang sudah disebutkan di resep dan cara masak sayur asam di atas). Perbedaan bumbu juga bisa dilihat dari bahan-bahan bumbu yang digunakan.
Manfaat Sayur Asam Bagi Tubuh
Disamping perbedaan terdapat juga persamaan sayur asam Jawa dan Sunda, yaitu banyak menggunakan bahan-bahan sayuran dan dijadikan satu.  Walaupun bahan yang digunakan ada yang berbeda namun dari kesemua bahan-bahan tesebut, masing-masing memiliki manfaat yang bagus untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. berikut penjelasannya:
·         Kacang tanah: banyak mengandung protein, zat besi, vitamin B kompleks, Vitamin A dan K, kandungan protein pada kacang tanah lebih besar dari kandungan protein yang terdapat di daging,
·         Nangka yang masih muda mengandung kalium yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah tinggi. terdapat pula kandungan zar besi yang bisa mencegah anemia dan melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh, antioksida di dalam nangka bisa memperkuat kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terkena penyakit dan lain sebagainya.
·         Melinjo. sayur asam Jawa dan Sunda sama-sama menggunakan bahan melinjo. manfaat buah melinjo adalah ia mampu menekan penumpukan dan penyerapan lemak yang redapat di dalam tubuh, juga dapat mengontrol kadar gura dalam darah sedangkan daun melinjo bagus dan bisa mempermudah proses melahirkan.
·         Labu Siam, labu siam digunakan di cara masak sayur asem Sunda. labu siam bagus untuk tubuh karena bisa mencegah kangker, penyakit jantung, melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol dan bisa mencegah hipertensi
·         Kacang Panjang. Sayur asem Jawa dan Sunda memakai kacang panjang sebagai bahannya. kacang panjang bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena stoke, melancarkan kerja organ pencernaan, mengendalikan kadar gula merah di dalam tubuh.
·         Asam Jawa. sayuran diberi nama sayur asam karena rasanya yang agak-agak asam manis karena menggunakan bahan asam Jawa. Asam jawa memiliki manfaat bisa mengobati sakit tenggorokan, sariawanm batuk kering, mengurangi resiko darah rendah, mengobati penyakit campak dan keputihan.
Dari pembahasan mengenai cara masak sayur asam baik Jawa maupun Sunda sama-sama memiliki manfaat bagi tubuh, dengan beragam manfaatnya jadikan sayur asam sebagai menu andalan keluarga Anda.


No comments:

Post a Comment