Thursday 13 January 2022

Cara Mengatasi Insomnia Menurut Islam, Jiwa Dan Pikiran Menjadi Lebih Tenang

Gambar: Ilustrasi Insomnia

Islam tidak hanya mengatur masalah ibadah ritual saja, namun semua hal yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Kita sebagai seorang muslim, dianjurkan untuk mengikuti ajaran dan anjuran sesuai yang sudah diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Dalam artikel ini kita akan membahas cara mengatasi insomnia menurut islam.

Penyebab Susah Tidur Dan Obatnya

Susah tidur atau insomnia merupakan penyakit modern yang banyak menyerang siapapun tanpa perbedaan usia maupun jenis kelamin. Penyebabnya bisa karena masalah psikologis sehingga timbul perasaan cemas, sulit tidur atau terbangun di waktu malam. Selain masalah psikis, sulit tidur bisa disebabkan karena ada masalah fisik atau masalah kesehatan.

Mengatasi insomnia diperlukan usaha yang tekun, latihan bertahap agar menjadi kebiasaan yang baru dan menghindari hal-hal tercela atau yang malah berdampak buruk.  Secara garis besar ada beberapa jenis obat insomnia yang perlu diketahui, yaitu: obat syar’I, obat psikologis dan obat perilaku. Berikut penjelasannya.

1. Obat Syar’i

Yang dimaksud dengan obat syar’I adalah ketenangan pikiran dengan cara menghilangkan perasaan cemas, khawatir dan was-was. Hal ini bisa dilakukan dengan mencegah dan menjauhi dosa dan larangan-Nya serta mengikuti/ melakukan apa yang diperintahkan Allah SWT.

2. Obat Psikologis

Jika Anda mengalami insomnia, obatnya adalah yakin dan berani melepaskan diri dari rasa cemas dan khawatir. Hal tersebut tidak akan berhasil jika Anda tidak percaya kepada Allah SWT. Lakukan dengan tulus dan memasrahkan diri.

3. Obat Perilaku

Insomnia atau susah tidur bisa disebabkan karena perilaku atau gaya hidup yang kurang sehat/ tidak baik. Cobalah ketahui dulu apa yang menjadi penyebabnya (yang berhubungan dengan fisik dan perilaku) yang kadang tidak disadari atau diketahui. Misalnya: karena insomnia yang disebabkan karena kebiasaan begadang, mengkonsumsi kafein atau alkohol, tidak pernah olahraga dsb. Dengan mengubah perilaku dan gaya hidup yang sehat, insya allah insomnia akan sembuh.

Sunah Rosulullah Sebagai Cara Mengatasi Insomnia

Mengatasi sulit tidur insomnia tanpa obat cara islami terbukti berkhasiat dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Islam mengajarkan adab sebelum tidur yang diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidur tidak larut malam, Rasulullah SAW biasanya tidur setelah sholat isya.Sebelum tidur berwudhu
  • Melakukan shalat sunah, bisa shalat hajat, taubat atau shalat witir
  • Membersihkan tempat tidur dengan cara mengibas-ngibaskannya dengan kain atau sapu lidi
  • Mematikan lampu
  • Membaca surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas dan Ayat Kursi lalu meniupkannya kedua telapak tangan, kemudian diusapkan ke seluruh tubuh bagian depan yang bisa dijangkau sebanyak 3 kali.
  • Berbaring menghadap ke kanan dan badan menghadap ke kiblat
  • Hindari tidur dengan posisi tengkurap
  • Berdoa sebelum tidur.

Berikut ini doa khusus jika Anda susah tidur:

Cara Mengatasi Terbangun Tengah Malam

Jika tengah malam terbangun karena mengalami mimpi buruk, lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Meludah 3 kali ke sebelah kiri
  • Memohon perlindungan kepada Allah SWT dengan membaca bacaan ta’awudz
  • Mengubah posisi tidur
  • Jangan menafsirkan atau memikirkan mimpi buruk yang dialami
  • Jika susah tidur kembali, hendaknya bangun dan sholat.

Selain itu Anda bisa mencoba cara mudah tidur dengan slepp music relaxing music insomnia mp3 berupa alunan ayat-ayat suci Al-Quran yang sudah bisa didownload dengan mudah di youtube.

Cara mengatasi insomnia menurut islam adalah dengan bedoa kepada Allah SWT dan bermunajab kepada-Nya sebelum tidur. Hal ini merupakan media yang paling ampuh untuk menghilangkan sress, emosi jiwa dan syaraf-syaraf yang tegang. Dengan mengosongkan jiwa, akal dan pikiran dari masalah-masalah duniawi lalu menyerahkan diri kepada Allah SWT maka jiwa dan raganya akan tenang. Dengan perasaan tenang, tidur menjadi lebih mudah dan nyenyak.

Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar berdoa dan bermunajat. Barangsiapa yang bermunajab dengan ikhlas dan sepenuh hati kepada Allah sebelum tidur maka ia telah menyerahkan kegelisahannya dan rasa lelahnya kepada Allah.  Dengan demikian, ia memberikan obat untuk dirinya sendiri berupa obat jiwa dan menghapus semua letih dan lelah. Efeknya, rasa takut dan gelisah berubah menjadi perasaan yang tenang dan aman sehingga tidur menjadi lebih mudah.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengatasi insomnia menurut islam. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment