Tuesday 11 January 2022

Mengetahui Persamaan dan Perbedaan Ibadah Haji Dengan Umrah

Gambar Ibadah Haji dan Umroh
Gambar Ilustrasi:Ibadah Haji dan Umroh

Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja persamaan dan perbedaan ibadah haji dengan umroh. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya yang pertama harus diketahui adalah pengertian ibadah haji dan umroh berikut ini.  

Pengertian Haji dan Umrah

Pengertian Haji : berdasarkan asal kata haji artinya adalah menuju atau menyeganja. Sedangkan dari segi syar’i haji artinya menyengaja mengunjungi Kabah dengan tujuan untuk melakukan ibadah meliputi thawaf, sa’i. wukuf dan ibadah-ibadah lainnya dengan tujuan untuk memenuhi panggilan dan perintah Allah SWT dan mengharapkan ridho dari-Nya.

Pengertian Umrah : berdasarkan asal katanya artinya adalah  mengunjungi Kabah atau meramaikan Masjidil Haram, dengan tujuan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dari pengertian haji dan umrah di atas, kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan ibadah haji dan umrah. Berikut pembahasannya:

A. Persamaan Ibadah Haji dan Umrah

Persamaan ibadah haji dan umrah adalah sama-sama mengunjungi rumah Allah (Baitullah) untuk melakuan ibadah kepada Allah. Persamaan lainnya dari ibadah haji dan umrah adalah sama-sama fardu ain dan keduanya sama-sama memiliki syarat-syarat dan rukun yang wajib dilaksanakan.

B. Perbedaan Ibadah Haji dan Umrah

Hukum Haji Dan Umrah

Hukum Haji : hukum menjalankan ibadah haji adalah wajib ain artinya diwajibkan bagi yang mampu. Ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima. Apabila seseorang melakukan nazar untuk haji maka ia wajib melaksanakannya. Hukum haji menjadi sunat apabila dikerjakan pada kesempatan selanjutnya atau bagi orang yang sudah pernah melakukan ibadah haji sebelumnya.

Hukum Umrah:  hukum menjalankan ibadah umrah adalah fardu ain bagi setiap muslim baik untuk laki-laki maupun perempuan dan apabila mereka sudah memenuhi syarat dan rukunya. Namun ada juga yang berpendapat bahwa menjalankan ibadah umrah hukumnya sunah.

Segi Waktu Dan Tata Cara Pelaksanaannya (Manasik)

Haji seringkali disebut sebagai haji besar, artinya sah dilakukan setahun sekalo pada bulan haji yaitu 9 – 13 zulhijjah. Pada pelaksanaannya urutan ibadah haji sudah melakukan praktek yang dilakukan dalam umrah. Rukun umrah terdiri dari : niat, thawaf, sha’I dan tahattul sedangkan pada haji ditambah dengan wuquf di Arafah dan menginap di Muzdalifah dan di Mina, serta melempar jumrah. Pelaksanaan ibadah umrah bisa kapanpun dilaksanakan, setiap waktu sepanjang tahun, dan disebut juga dengan haji kecil.

Demikian pembahasan mengenai persamaan dan perbedaan ibadah haji dan umrah. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment