Sunday 19 June 2022

Tips Dan Trik Membuat Sepeda Hias Yang Unik Dan Menarik

Sepeda Hias Burung Merak

Sepeda hias merupakan sepeda yang biasanya digunakan untuk moment atau acara tertentu. Seperti: acara hari kemerdekaan, pawai, festival dsb. Dengan adanya sepeda yang dihias dengan indah dan warna-warni biasanya membuat orang yang menggunakan dan yang melihatnya gembira.

Seperti namanya, sepeda dihias dengan beragam model dan bentuk yang membuat sepeda terlihat lebih menarik dan lucu. Biasanya yang menggunakan sepeda ini adalah anak-anak atau para remaja. Di setiap acara, kadang sepeda hias diperlombakan, siapa yang sepedanya dihias dengan unik dan menarik bisa menjadi pemenang.

Itu sebabnya banyak peserta yang menghias sepedanya semenarik dan seunik mungkin. Ada yang memberinya sedotan warna warni di bagian jari-jari rodanya, ada yang menempelkan kertas warna-warnai. Ada juga yang menghias setang kemudinya dengan bentuk yang unik menggunakan bamboo panjang yang melengkung jadi setengah lingkaran, mirip seperti sebuah kaca.

Ada yang menghias sepeda dengan kertas warna merah putih, biasanya hiasan merah putih banyak digunakan saat acara kemerdekaan 17 Agustusan. Ada juga yang menghias sepeda seperti bentuk pesawat terbang, mobi dsb. Ada banyak konsep menarik yang bisa diterapkan pada sepeda untuk perlombaan agar hasilnya menjadi unik dan menarik.

Nah, berikut inittips dan trik yang bisa Anda coba ikuti bagaimana cara menghias sepeda hias yang unik dan menarik untuk berbagai acara, seperti karnaval, ulang tahun dsb. 

Sesuaikan Dengan Jenis Sepeda

Apabila sepeda yang Anda gunakan jenis MTB atau BMX maka pastikan bebannya tidak berat di bagian belakang. Sedangkan jika sepeda yang digunakan adalah model citybike atau sepeda yang terdapat boncengan di belakangnya bisa memanfaatkan bagian boncengan untuk disimpan hiasan seperti: bunga, boneka dll.

Lapisi Dengan Koran

Sebelum sepeda dihias sebaiknya lapisis permukaan sepeda dengan koran atau kertas bekas. Hal ini perlu dilakukan agar badan sepeda tidak rusak dan lebih mudah dibersihkan.

Tempelkan Pernak-Pernik

Gunakan kertas gabus/ kardus/ krep untuk menghias, hindari menggunakan bahan yang berat. Untuk mempercantik tampilan bisa tempel pita buatan, balon, boneka di bagian keranjang (jika ada). Pada bagian kemudi atau stangnya bisa dihias dengan rumbai-rumbai yang terbuat dari tali rapia yang sudah diserut atau kertas hias.

 Hindari Menggunakan Lem Besi

Untuk menempel kertas atau bahan-bahan lainnya, sebaiknya hindari menggunakan lem besi. Sebaiknya gunakan lem kertas atau menggunakan tali/ benang/ karet jika ada yang harus diikat. Karena penggunaan lem besi bisa membuat permukaan sepeda menjadi rusak atau terkelupas.

Demikian tips dan trik membuat sepeda unik dan menarik kreasi sendiri. Selain itu sesuaikan hiasan yang digunakan dengan tema acara. Biasanya jika sepeda hias diperlombakan poin penilaiannya tidak hanya dari segi keunikannya saja, namun kesesuaian dengan tema acara.

No comments:

Post a Comment