Sunday 19 June 2022

Tips Merawat Sepeda Yang Benar

Tips Merawat Sepeda Yang Benar

Sepeda saat ini bukan sekedar untuk olahraga saja, namun sudah menjadi gaya hidup sehat bagi sebagian orang. Sudah bukan rahasia lagi jika bersepeda memberikan keuntungan bagi kesehatan. Itu sebabnya memiliki sepeda harus dibarengi dengan merawatnya dengan benar. Perawatan sepeda membuat sepeda awet, tahan lama dan performanya tetap maksimal. 

Dalam artikel ini kami akan memberikan tips perawatan sepeda yang benar agar kondisinya tetap terjaga dan bertahan lama.

1. Cuci sepeda dengan rutin, sebelumnya lepaskan terlebih dulu akseoris yang melekat di bagian handle bar, seperti: lampu, spidometer, bel dsb.

2. Saat mencuci sepeda, hindari menggunakan air semprotan bertekanan tinggi karena ada beberapa komponen sepeda yang tidak boleh kena tekanan tinggi seperti: kabel rem, shiffer, hubs dan BB.

3. Bersihkan bagian rantai menggunakan lap basah yang sudah diberi sabun. Lalu putarkan pedal dengan posisi lap menempel ke rantai sehingga kotoran bisa terangkat. Membersihkan bagian gir, pedal dan bagian penggerak lainnya bisa menggunakan sikat dan air sabun.

4. Hindari melumasi sepeda menggunakan WD-40 atau sejenis penetran lainnya karena selain dapat meluluhkan juga dapat mengencerkan gemuk atau grease sepeda, akibanya benda-benda tersebut bisa aus akibat greasnya hilang.

5. Lumasikabel rem, shifter dan rantai sepeda secara berkala. Jika rantai kering bisa menyebabkan suara berisik dan mengikis gear.

6. Hal yang kadang sering dilupakan pengguna sepeda adalah memeriksa tekanan ban. Biasanya sudah ada keterangan mengenai berapa tekanan minimal dan maksimum ban. Tekanan ban yang terlalu rendah bisa menyebabkan sepeda berat saat dikayuh dan cenderung mudah kempes saat tertusuk benda atau karena ban dalamnya terlipat.

7. Periksa secara rutin kelurusan rim atau velg. Kondisi rim/ velg yang peyang bisa menyebabkan goyang dan menghambat perputaran roda terutama sepeda yang tidak menggunakan discbrake karen velg/ rim yang peyang bisa membuat kampas rem tergerus.

8. Cek kondisi baut as roda apakah kencang atau tidak. Jangan sampai baut as roda longgar karena bisa menyebabkan roda lepas tiba-tiba. Coba goyangkan roda ke kanan kiri  jika terasa longgar segera kencangkan.

9. Cek kinerja peranti pemindah gigi, pastikan dalam kondisi bagus. 

10. Part sepeda memiliki masa pemakaian, jadi jika kondisinya sudah rusak atau aus segera ganti.

11. Atur jarak main rem, pastikan jaraknya tidak terlalu .

12. Perhatikan kondisi karet handle grip, fungsinyaadalah untuk mencengkram stang dengan kuat. Jangan sampai kondisi handle grip mudah lepas saat mengerem mendadak

13. Hindari melumasi kabel rem dan bagian shifter dengan oli bekas, karena oli bekas mengandung kotoran yang kecil. 

Demikian informasi cara perawatan sepeda yang bisa Anda coba lakukan untuk menjaga kondisi sepeda tetap prima.


No comments:

Post a Comment