Wednesday 21 December 2022

4 Tips Belanja Hemat, Buktikan Sendiri Jadi Bisa Nabung Untuk Beli Rumah

Gambar: Tips Belanja Hemat

Belanja merupakan aktivitas sehari-hari untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan. Kegiatan ini sebenarnya hal yang susah-susah mudah dilakukan, apalagi jika sudah berkeluarga lebih dituntut untuk berhemat. Belanja hemat merupakan salah satu cara untuk menghemat pengeluaran dan agar bisa memiliki tabungan untuk berbagai macam kebutuhan ataupun keinginan, misalnya; untuk beli rumah, beli motor dsb. 

Belanja secara efisien sangat penting dilakukan agar uang hasil bulanan tidak habis sebelum waktunya atau bisa ada lebih untuk ditabung. Ada beberapa cara belanja pintar dan cerdas yang mesti Anda lakukan agar bisa lebih berhemat. Belanja cerdas juga dibutuhkan agar tidak tergoda membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

1. Buat List Daftar Belanjaan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum Anda belanja hemat adalah membuat list daftar barang-barang yang harus dibeli. Dengan membuat daftar tersebut dapat menghindari membeli barang yang tidak penting dan mengingat barang yang harus dibeli.

Usahakan membuat urutan pertama dari barang yang terpenting. Jika Anda termasuk tipe orang yang mudah tergoda, bisa ditambahkan keterangan di daftar alasan mengapa Anda harus membeli barang tersebut.

2. Buat Jadwal Belanja Apakah Mingguan Atau Bulanan

Agar waktu belanja lebih tertib dan lebih hemat, sebaiknya buat jadwal belanja. Sebagai gambaran, Anda bisa belanja mingguan untuk kebutuhan makan sehari-hari dengan pertimbangan bahan-bahan yang dibeli masih dalam kondisi segar di dalam kulkas dan mencegah terbuang percuma akibat busuk. Selain itu, untuk kebutuhan pokok lainnya seperti: sabun, shampoo, odol dsb bisa dijadwalkan per satu bulan.

3. Bawa Uang Dengan Jumlah Yang Dibutuhkan

Setelah membuat daftar belanjaan, Anda bisa mengetahui berapa uang yang dibutuhkan untuk belanja. Jangan bawa uang dengan selisih yang banyak. Sebaiknya bawa secukupnya saja sesuai dengan daftar belanjaan. Boleh lebihkan sedikit untuk berjaga-jaga jika ternyata ada beberapa barang yang mengalami kenaikan harga, Dengan membawa uang secukupnya, diharapkan bisa lebih fokus pada barang yang utama yang ada di dalam daftar belanjaan dan tidak mudah tergoda beli barang yang tidak penting.

4. Hindari Belanja Dengan Kartu Kredit Atau Debit

Belanja menggunakan kartu debit atau kredit memang lebih menyenangkan dan lebih praktis. Namun kelemahannya karena dengan menggunakan sistem pembayaran tersebut justru membuat pengeluaran jadi tidak terkendali. 

Penggunaan kartu kredit sama saja dengan Anda menggunakan uang pinjaman dari bank yang digunakan untuk belanja. Artinya setiap bulan akaan ada anggaran pembayaran angsuran kredit, Anda harus membayar cicilannya. Jika tidak pandai mengelola kartu kredit dikhawatirkan ada waktu kantong tipis sebelum waktunya karena harus melakukan pembayaran.

Berbeda dengan kartu debit, uang yang digunakan adalah uang tabungan Anda sendiri. Namun tetap penggunaannya harus terkontrol. Jika memang ingin menggunakan kartu debit pastikan jumlah saldonya tidak terlalu banyak, Anda bisa memisahkan kartu debit untuk tabungan dan membuat kartu debit khusus yang digunakan untuk belanja mingguan atau bulanan.

Mengubah kebiasaan belanja semaunya memang bukanlah hal yang mudah, tertutama bagi Anda yang sudah menganggapnya hal biasa. Namun bukan berarti Anda tidak bisa mengubah kebiasaan dalam hal menggunakan uang. Perubahan gaya hidup belanja hemat bisa diterapkan secara berkala dan konsisten. Kuncinya adalah disiplin mengatur keuangan. Jika sudah biasa akan terasa lebih menyenangkan dan bisa menjadi tantangan seru. Selamat berhemat!

No comments:

Post a Comment