Tuesday 20 December 2022

Keuntungan Gaya Hidup Terbaru Belanja Online, No 3 Banyak Yang Cari

Gaya Hidup Terbaru Belanja Online (Edi Kurniawan / unsplash)

Belanja online atau online shopping menjadi gaya hidup terbaru masyarakat Indonesia. Hal ini bukan tanpa sebab, salah satunya karena dipengaruhi perkembangan teknologi informasi yang semakin maju dan modern. Terutama pada saat pandemi virus Corona-19, dengan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah. Membuat masyarakat melakukan berbagai aktivitas melalui online, salah satunya belanja untuk memenuhi kebutuhannya.

Dengan adanya fasilitas belanja online semakin memberi kemudahan bagi para penggemar hobi belanja. Hanya dengan duduk manis di depan layar smartphone, Anda bisa menemukan beragam barang/ produk-produk dan bisa langsung melakukan transaksi/ pemesanan. Beberapa hari kemudian, barang yang Anda pesan akan diantar langsung ke alamat Anda.

Nah, berikut ini beberapa alasan, sekaligus keuntungan atau kelebihan dari gaya hidup terbaru belanja online. Langsung saja simak ulasannya hingga tuntas berikut ini.

1. Lebih Aman

Keuntungan pertama dari belanja online adalah memberikan keamanan. Awalnya banyak orang yang enggan belanja online karena rawan penipuan. Namun, sekarang  banyak situs online jualbeli atau e-commerce yang bisa dipercaya, memberikan produk yang berkualitas. Bahkan ada juga toko yang memberikan garansi kepada para pelanggannya.

Selain itu, belanja online memberikan keuntungan saat berbelanja tidak perlu membawa uang cash. Jadi tidak perlu khawatir uang hilang. Umumnya toko online menyediakan  metode pembayaran yang bisa dipilih yang menurut Anda paling aman.

Misanya: platform e-commerce seperti: Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya yang berperan sebagai pihak ketiga, memberikan keamanan dalam hal pelepasan dana hingga barang sampai ke tangan Anda. Jika ada barang yang tidak sesuai atau ada seller yang berusaha melakukan penipuan, Anda bisa melaporkan kepada pihak ketiga. 

2. Hemat Waktu, Tenaga Dan Biaya

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahwa belanja online menjadi aktivitas yang menyenangkan karena lebih berhemat waktu, tenaga dan biaya. Untuk mendapatkan barang atau produk yang Anda inginkan, tidak perlu repot-repot keluar rumah. Tidak perlu  mengantri, melewati jalanan yang macet dan padat, tidak perlu keluar masuk toko dsb. Hanya dengan di depan layar smartphone, Anda sudah bisa memilih barang yang Anda cari dan melakukan transaksi. 

3. Banyak Program Promo

Siapapun pasti menyukai belanja pada waktu ada program promo atau diskon, karena harga barang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang ada di pasaran. Tentu ini dapat menghemat anggaran belanja bulanan. Umumnya toko online membuat program diskon untuk menarik perhatian konsumen agar mau belanja di tokonya. Setiap toko/ situs jual beli online memiliki waktu program yang berbeda-beda.

4. Banyak Pilihan Dan Bisa Melakukan Perbandingan Harga Langsung

Keuntungan belanja online adalah Anda bisa memilih beragam jenis barang yang sama maupun yang berbeda dari berbagai merk dan harga. Selain itu, untuk menemukan harga yang murah tidak perlu keluar masuk toko, caranya tinggal mencari informasi harga barang dari satu toko ke toko yang lainnya menggunakan sentuhan pada layar smartphone. Sangat praktis dan ekonomis. 

Walaupun gaya hidup terbaru belanja online ini memberikan kenyamanan dan keamanan, sebagai pembeli yang cerdas sebaiknya Anda harus berhati-hati dan cermat memilih toko online. Pastikan toko yang Anda pilih tidak abal-abal, profesional, terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. 

Oleh sebab itu sebelum Anda memutuskan melakukan transaksi ketahui dan pelajari terlebih dulu toko online yang Anda maksud. Caranya bisa dengan mengumpulkan informasi dari data-data yang ada di internet, testimoni/ review, rating toko atau bertanya langsung ke teman, saudara yang pernah belanja online. Demikian ulasan singkat mengenai keuntungan gaya hidup terbaru belanja online di zaman serba internet seperti sekarang ini. Semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment